1. Diakronis pada
ilmu sejarah memiliki makna bahwa …
A. Cerita sejarah disusun dengan prinsip melebar dalam ruang dalam waktu yang terbatas
B. Topik yang dibahas di dalamnya adalah peristiwa-peristiwa yang melintasi perjalanan waktu, yaitu dari masa dulu, sekarang, dan masa depan.
C. Sejarah itu disusun dengan sangat mementingkan prosedur ilmiah agar mendekati objektifitas
D. Pelaku dan saksi sejarah berperang sangat penting dalam menentukan objektifitas suatu cerita sejarah
E. Unsur terpenting dari suatu penulisan sejarah adalah penggunaan cara-cara berpikir diakronik
2. Masa lampau
selalu terkait dengan masa kini dan masa depan. Keterkaitan tersebut disebabkan
oleh …
A.
Ketiga masa tersebut dikaitkan oleh suatu kontinuitas atau kesinambungan
B. Setiap manusia
tidak bsa memutar dimensi waktu untuk kembali ke masa lampau
C. Sudah menjadi hukum alam bahwa waktu selalu bergerak maju dan tidak akan berhenti
D. Kehidupan manusia pada masa depan ditentukan oleh segala tingkah laku yang dilakukan pada masa lalu
E. Kemampuan sejarawan merekonstruksi masa lalu dapat ditampilkan pada masa kini dan masa depan
3. Perhatikan
gambar berikut.
Gambar 1. Ledakan bom atom di kota Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan) Jepang, pada tahun 1945. Kedua peristiwa itu menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu, dan Indonesia memanfaatkan situasi ini untuk memproklamasikan kemeredekaannya. Ditinjau dari aspek pemahaman kesejarahan, peristiwa diatas memiliki makna adanya perubahan dalam kehidupan manusia yang dapat berlangsung secara …
A. Terencana
B. Konstan
C. Stagnan
D.
Cepat
E. Lambat
4. Perhatikan urutan data berikut.
- Masa praaksara
- Masa masuk dan bekembangnya Hindu-Budha
- Masa masuk dan bekembangnya Islam
- Masa kekuasaan kolonialisme
- Masa revolusi
- Masa Orde Lama
- Masa Orde Baru
- Masa Reformasi
Pembagian
periodesasi tersebut diatas didasarkan pada …
A. Tahapan
perkembangan kebudayaan Indonesia
B. Urutan
pembahaan sistem pemeirntahan di Indonesia
C. Tahapan
perkembangan sejarah Indonesia
D.
Perkembangan sejarah politik Indonesia
E. Pokok-pokok
pikiran tentang sejarah Indonesia
5. Perhatikan
tabel berikut.
No |
X |
1 |
Mengkaji
peristiwa pada masa tertentu |
2 |
Perkembangan
manusia dari waktu ke waktu |
3 |
Kesinambungan
antarperiode |
|
Y |
1 |
Tidak ada
konsep pebandingan |
2 |
Kajian tidak
sistematis |
3 |
Perubahan yang
terjadi pada periode awal hingga ke periode berikutnya |
Beberapa hal yang menjadi lebih mudah untuk dipahami jika menggunakan konsep periodisasi, antara lain …
A. X1, X2, dan Y1
B. X1, X3, dan Y2
C. X1, X2, dan Y3
D. X2, X3, dan Y2
E.
X2, X3, dan Y3
6. Mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa dan waktu tertentu dengan lebih mendalam merupakan pemahaman ilmu sejarah yang bersifat …
A. Diakronik
B. Kronik
C. Anakronik
D. Kronologi
E.
Sinkronik
7. Perhatikan
gambar berikut
Gambar tersebut merupakan tiga tokoh pemimpin dunia yang berpengaruh pada masa Perang Dunia II. Berdasarkan keterangan di atas, terlihat manusia sebagai unsur terpenting dalam peristiwa sejarah, yaitu …
A. Penentu batas
suatu peristiwa sejarah
B.
Penentu perjalanan suatu peristiwa sejarah
C. Penulis
peristiwa sejarah
D. Penentu akhir
suatu peristiwa sejarah
E. Penentu
peranan manusia lainnya dlaam peristiwa sejarah
8. Perhatikan
data berikut.
1) Mengkaji
peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
2)
Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola-pola, gejala dan karakter
3) Sifat kajian
mendalam
4) Membahas
peristiwa sejarah dalam waktu yang terus memanjang
5) Memiliki tema
yang sangat pendek
Dari data di
atas, yang merupakan ciri berpikir sinkronik adalah …
A.
1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
9. Jika seorang sejarawan ingin menyusun sejarah perekonomian bangsa Indonesia pada zaman Jepang dengan menggunakan cara berpikir sinkronik, maka hal yang perlu dilakukan adalah …
A. Membandingkan perkembangna ekonomi masa pendudukan Jepang di Indonesia dengan perkembangan ekonomi masa pendudukan Jepang di Singapura
B. Meneliti gejala atau fenomena gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia yang terjadi pada masa pendudukan Jepang
C. Meneliti dampak atau efek perekonomian masa pendudukan Jepang pada masa Reformasi
D. Faktor-faktor pendukung ekonomi Indonesia masa Pendudukan Jepang yang digali dari sejak masa Kolonial Belanda
E. Kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang merupakan warisan dari sistem ekonomi jepang masa pendudukan
10. Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan …
A. Waktu yang
lama untuk membuat suatu analisa
B. Sumber asli
hasil wawancara dengan pelaku sejarah
C.
Bantuan ilmu-ilmu sosial lainnya
D. Biaya
penelitian yang besar
E. Pebandingan
dengan ilmu sosial lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar