Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 5!
(1) Selain identik dengan warna
merah, Imlek juga sangat dekat dengan kue keranjang. (2) Kue keranjang mulai
ramai dicari dan dijual saat mendekati tahun baru Imlek. (3) Kue keranjang
adalah khas yang selalu disajikan pada saat perayaan Imlek. (4) Kue keranjang
dalam bahasa Mandarin disebut Nian Gao
atau dalam dialek Hokkian disebut Ti Kwe, yang berarti ‘kue manis’. (5) Disebut
kue keranjang bukan karena rasanya, melainkan wadah cetakannya yang berbentuk
keranjang. (6) Kue ini terbuat dari Lalian seperti tepung ketan dan gula,
sehingga teksturnya kenyal dan lengket.
(7) Kue keranjang mulai digunakan
sesaji dalam upacara persembahan kepada leluhur, tepatnya tujuh hari menjelang
tahun baru imlek. (8) Biasanya, kue tersebut tidak dimakan hingga hari Cap Go
Meh atau malam ke-15 setelah tahun baru Imlek. (9) Kue itu disusun tinggi
bertingkat-tingkat dengan penyusunan dari bawah ke atas makin kecil. (10) Hal
itu melambangkan peningkatan rezeki atau kemakmuran. (11) Di negara asalnya
terdapat sebuah kebiasaan untuk menyantap kue keranjang ini terlebih dahulu
saat tahun baru dengan harapan memperoleh keberuntungan dalam pekerjaan.
1. Apa gagasan utama paragraf ke-2?
A. Asal nama kue keranjang yang berasal dari bahasa Mandarin
dan dialek Hokkian.
B. Penggunaan kue
keranjang dalam upacara persembahan guna memperoleh keberuntungan.
C. Upacara persembahan kepada leluhur yang diadakan dengan memanfaatkan
kue keranjang.
D. Penamaan kue keranjang karena wadah cetakannya yang
berbentuk keranjang.
E. Tekstur kue keranjang yang kenyal dan lengket karena
terbuat dari tepung ketan dan gula.
2. Pada kalimat nomor berap terdapat kesalahan penggunaan
tanda koma?
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
E. 8
3. Pernyataan mana yang TIDAK sesuai dengan isi teks?
A. Perayaan tahun bau Imlek selalu dikaitkan dengan warna
merah dan kue keranjang.
B. Kue keranjang
ramai dijualbelikan menjelang tahun baru Imlek.
C. Nama kue keraniang tidak diturunkan dari bahasa aslinya,
tetapi dari tempat mencetak kue.
D. Bahan kue menentukan tekstur kue keranjang yang lengket
dan kenyal.
E. Penyusunan kue keranjang yang bertingkat-tingkat melambangkan
harapan kemakmuran.
4. Apa yang diacu hal
itu pada kalimat (10)?
A. Kue keranjang yang digunakan sebagai sesaji.
B. Upacara persembahan kue keranjang kepada leluhur.
C. Penyajian kue keranjang pada Cap Go Meh.
D. Penyusunan kue
keranjang secara bertingkat.
E. Digunakannya kue keranjang pada Cap Go Meh.
5. Apakah kelemahan teks diatas?
A. Penggunaan kata juga
pada kalimat (1)
B. Penggunaan kata adalah
pada kalimat (3)
C. Penggunaan kata atau
pada kalimat (4)
D. Penggunaan kata karena
pada kalimat (5)
E. Penggunaan kata sehingga
pada kalimat (6)
Teks berikut
digunakan untuk menjawab soal nomor 6 s.d. 10!
(1) Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3) Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka mengalami perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku. (4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak.
(5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak
usia 3 sampai dengan 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku
melalui scanner otak yang disebut functional magnetic resonance imaging
(FMRI). (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka.
membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi.
(7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak-anak sedang mendengarkan orang tua
bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini
adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata, konsep, dan memori. (9)
Wilayah otak ini juga menjadi aktif, ketika anak- anak bercerita atau membaca.
(10) Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia
yang sangat muda. (11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivitas otak di
wilayah ini lebih sibuk pada anak- anak yang orang tuanya gemar membaca. (12)
Membacakan buku untuk anak membantu pertumbuhan neuron di daerah ini yang akan
menguntungkan anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca.
6. Apa judul yang tepat untuk Teks 2 tersebut?
A Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini
B. Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
C. Pembiasaan Anak
dalam Mendengarkan Cerita
D. Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
E. Peran Orang Tua dalam Membacakan Cerita
7. Kalimat manakah yang TIDAK efektif dalam Teks 2?
A. 1 dan 7
B. 2 dan 8
C. 3 dan 9
D. 4 dan 10
E. 5 dan 12
8. Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam Teks 2?
A. Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas
pada paragraf ke-1.
B. Paragraf ke-2 memerinci
temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1.
C. Paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas
pada paragraf kel-1.
D. Paragraf ke 1 memaparkan penelitian terhadap balita yang
diuraikan pada paragraf ke-2.
E. Paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang diuraikan
pada paragraf ke-2
9. Apa simpulan teks tersebut?
A. Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3-5 tahun akan mempercepat
perkembangan otaknya.
B. Semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin
aktif otak anak bekerja.
C. Anak-anak yang mulai belajar membaca sejak balita akan
menjadi anak-anak yang otak kirinya lebih aktif.
D. Kebiasaan
mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk
perkembangan otak.
E. Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses pemahaman
seperti kata dan konsep.
10. Apa gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya
dari teks tersebut?
A. Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini.
B. Strategi penerapan
hasil penelitian untuk pendidikan anak.
C. Faktor-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca
D. Manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada
anak.
E. Kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak.
Teks 3A dan 38
digunakan untuk menjawab soal nomor 11 dengan 15!
Teks 3A
(1) Teknologi merupakan salah satu penunjang kemajuan
manusia. (2) Tidak dapat dipungkiri jika teknologi masa kini berkembang sangat
pesat. (3) Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki
ekonomi, pangan, komputer, dan banyak lagi. (4) Sedikit dari itu semua, yaitu
untuk mempercepat pekerjaan manusia, nempermudah komunikasi jarak jauh, dan
melakukan transaksi keuangan. (5) Dengan menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. (6) Misalnya,
ketika seorang karyawan perusahaan akan membuat surat berkaitan dengan
tugasnya, dia tidak akan menggunakan mesin ketik yang membutuhkan proses yang
begitu sangat lama, namun akan menggunakan komputer dan printer yang lebih cepat,
efisien, dan bersih.
(diadaptasi oleh http://contoheksposisitentangteknologi8.blogspot.co.id/2014_02_01_archive.html)
Teks 3B
(7) Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi
seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. (8) Untuk
mengirimkan kabar kepada seorang yang jaraknya jauh, harus digunakan surat yang
waktu tempuhnya bisa melebihi dua hari atau terkadang juga tidak sampai tujuan.
(9) Namun, dengan teknologi yang sekarang ini, seorang karyawan perusahaan,
misalnya, bisa menggunakan email, sms, dan lain-lain. (10) Dengan teknologi ini
jarak bukan menjadi hambatan lagi untuk mengirim kabar dan sudah pasti sampai
tujuan. (11) Jadi, kemajuan teknologi saat ini sangat membantu pekerjaan
manusia menjadi lebih mudah, terutama dalam hal komunikasi dan transaksi keuangan.
(12) Dunia pendidikan juga memperoleh manfaat itu. (13) Oleh karena itu, pemerintah
harus menyediakan fasilitas untuk mendukungnya.
(diadaptasi dari http://contoheksposisitentangteknologi8.blogspot.co.id/2014_02_01_archive.html)
11. Apa makna kata
transaksi pada kalimat (11)?
A. persetujuan jual
beli.
B. peminjaman uang.
C. penjualan barang.
D. pengembalian barang
E. pertukaran barang
12. Berdasarkan isi teks 3B, kepada siapa penulis berpihak?
A. masyarakat umum
B. masyarakat pendidikan
C. masyarakat ahli
D. masyarakat pekerja
E. masyarakat awam
13. Apa perbedaan tujuan penulisan Teks 3A dengan Teks 38?
A. Teks 3A menginformasikan dampak penggunaan teknologi
informasi; teks 3B menjelaskan dampak penggunaan teknologi informasi.
B. Teks 3A memengaruhi masyarakat untuk menggunakan
teknologi informasi; teks 3B mendukung pengembangan teknologi informasi.
C. Teks 3A
menjelaskan manfaat kemajuan teknologi informasi; teks 3B meyakinkan manfaat
teknologi informasi dan komunikasi.
D. Teks 3A menjelaskan teknologi informasi dalam mempermudah
pekerjaan; teks 3B menjelaskan hambatan tanpa pemanfaatan teknologi informasi.
E. Teks 3A menjelaskan manfaat kecanggihan teknologi; teks
3B memaparkan manfaat teknologi informasi diberbagai bidang kehidupan.
14. Informasi apa yang ada didalam teks 3B, tetapi TIDAK
dimuat didalam teks 3A?
A penggunaan teknologi informasi.
B. kemudahan teknologi informasi.
C. manfaat teknologi informasi.
D. dampak negatif teknologi informasi.
E. imbauan
memfasilitas teknologi informasi.
15. Apa kelemahan isi teks?
A. Teks 3 A tidak
memuat contoh konkret manfaat penggunaan teknologi.
B. Teks 3 B memuat hubungan dunia pendidikan dengan
teknologi informasi.
C. Teks 3 B tidak memuat contoh penggunaan teknologi
informasi
D. Teks 3 A tidak memuat manfaat teknologi informasi dan
komunikasi.
E. Teks 3 B memuat jumlah
penggunaan teknologi informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar