1. Kedatangan Jepang ke Indonesia menyebabkan pemerintah kolonial Belanda harus menyerah tanpa syarat kepada pasukan Jepang di Indonesia, peristiwa ini terjadi di Kalijati Subang Jawa Barat pada …
A.
8 Januari 1942
B.
8 Februari 1942
C. 8 Maret 1942
D.
8 April 1942
E.
8 Mei 1942
2. Perhatikan peta di bawah ini!
Garis
pembatas yang memisahkan Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Indonesia bagian
timur pada peta di atas menunjukan pembagian wilayah kekuatan ...
A.
Angkatan darat
B.
Angkatan laut
C.
Angkatan udara
D.
Angkatan laut dan udara
E. Angkatan laut dan darat
3. “Nippon Cahaya Asia, Nippon Pemimpin Asia, dan Nippon Pelindung Asia” merupakan jargon politik semasa pendudukan Jepang di Indonesia. Adapun organisasi propaganda yang terkait dengan jargon tersebut adalah …
A.
Gerakan Tiga N
B. Gerakan Tiga A
C.
Asia Hokokai
D.
Asia Raya
E.
Putera
4.
Pendudukan Jepang di Indonesia menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia.
Hal ini disebabkan Jepang mengadakan eksploitasi baik bidang ekonomi maupun
sosial. Pada Maret 1943 pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putra)
yang dipimpin oleh empat serangkai yaitu Ir. Soekarno, Hatta, Mas Mansyur , Ku
Hajar Dewantara. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia dapat berhubungan
dengan rakyat secara langsung, baik melalui rapat maupun media masa milik
Jepang. Pada perkembangan organisasi Putra dimanfaatkan oleh para pemimpin
Indonesia dalam proses perjuangan bangsa Indonesia, karena ...
A.
menarik perhatian bangsa Indonesia agar membantu pasukan Jepang dalam perang Asia Timur Raya
B.
membangkitkan semangat nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta
harga diri bangsa
C.
mempersatukan rakyat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia
Timur Raya
D. membujuk kaum nasionalis
sekuler dan kaum intelektual agar dapat mengerahkan tenaga untuk melawan Jepang
E.
mengerahkan rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan Jepang menghadapi
sekutu
5.
Jepang mendirikan Keimin Bunkei Shidoso dengan tujuan ...
A.
menciptakan lapangan kerja bagi romusha
B.
mengamankan pertahanan di tingkat desa
C.
mendukung kegiatan propaganda Jepang
D.
mensosialisasikan kebijakan sikerei
E. mengawasi dan membatasi
seniman pribumi
6. Ketika menduduki Indonesia, Jepang menerapkan sistem autarki, maksudnya adalah sistem ekonomi ...
A. di mana setiap daerah mencukupi kebutuhan perang
B. kerakyatan
C. kerja paksa
D. sosialis
E. otoriter
7.
Shuisintai, Seinendan, dan Hizbullah adalah beberapa contoh organisasi
semi militer yang dibentuk langsung oleh
pemerintah militer Jepang. Tujuan tersembunyi dibalik pembentuknya organisasi
semi militer pada masa pendudukan Jepang adalah …
A.
mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah air
B.
untuk mendapatkan tentara profesional dalam mensukseskan peperangan di luar negeri
C. mengakomodasi gerakan kaum
nasionalis agar tidak terjadi gerakan bawah tanah
D.
untuk mendapatkan tentara terdidik dalam mensukseskan peperangan di dalam negeri
E.
untuk mendapatkan tentara cadangan dalam mensukseskan peperangan Jepang
8. Perhatikan jenis-jenis tanaman berikut ini !
1) Jarak
2) Tembakau
3) Kapas
4) Cengkih
5) Padi
Tanaman yang wajib ditanam oleh masyarakat Indonesia terutama di Jawa pada masa pendudukan Jepang, ditunjukkan oleh nomor ...
A. 1 dan 3
B. 2 dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 5
E. 5 dan 4
9.
Pada masa pendudukan Jepang, para pendidik (guru) serta siswa-siswi zaman penjajahan
Jepang harus melakukan rutinitas upacara juga melakukan Dai Toa, yaitu sumpah
setia pada cita-cita Asia Raya dan wajib melakukan senam Jepang (Taiso) juga
harus melakukan latihan fisik kemiliteran. Hal itu menjadi pengaruh dari
pendudukan Jepang dalam bidang ...
A. Pendidikan
B.
Budaya
C.
Politik
D.
Sosial
E. Ekonomi
10.
Dalam bidang pendidikan dari masa pendudukan Jepang ada sebagian yang menguntungkan
yaitu ...
A.
melahirkan golongan cerdik pandai yang mempelopori gerakan nasional Indonesia
B. digunakannya bahasa
Indonesia sebagai pengantar di sekolah
C.
pendidikan di Indonesia diatur model pendidikan Barat
D.
melahirkan tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
E.
diajarkannya tulisan Kanji dan Hiragana
Esaay:
1.
Jelaskan proses kedatangan Jepang ke Indonesia berdasarkan peta di bawah ini?
Jawab: Jepang pertama kali tiba di Indonesia mendarat di Tarakan, Kalimantan Timur pada tanggal 11 Januari 1942. Selanjutnya, Jepang berhasil menguasai Kota Balikpapan (24 Januari 1942), Pontianak (29 Januari 1942), Samarinda (3 Februari 1942), dan Banjarmasin (10 Februari 1942). Pada tanggal 4 Februari 1942, Ambon berhasil diduduki Jepang, kemudian dilanjutkan pada tanggal 16 Februari 1942 menguasai Palembang dan sekitarnya. Setelah berhasil menguasai wilayah luar Jawa, Jepang kemudian memusatkan serangannya ke Pulau Jawa. Pada tanggal 28 Februari 1942, Jepang berhasil mendarat di tiga tempat sekaligus, yaitu di Teluk Banten, di Eretan Wetan (Jawa Barat) dan Kragen (Jawa Tengah). Serbuan tentara Jepang ke Indonesia yang demikan besar dan cepat membuat tentara Belanda tidak mampu bertahan. Akhirnya, pada tanggal 8 Maret 1942 Gubernur Jenderal A.W.L.Tjarda van Starkenborgh Stachouwer dan beberapa petinggi militer Belanda datang ke Kalijati, Subang, Jawa Barat bertemu dengan Letnan Jenderal Hitoshi Imamura. Belanda menyatakan menyerah tanpa syarat terhadap Jepang. Dalam penyerahan kekuasaan atas Indonesia tersebut, Belanda diwakili oleh Letnan Jendral Ter Poorten dan Jepang diwakili oleh Letnan Jenderal Immamura. Sejak saat itu, Indonesia dikuasai oleh Jepang
2.
Tujuan utama Jepang datang ke Indonesia yaitu menjadikan Indonesia sebagai pemasok
untuk industri dan mesin perang, untuk mewujudkan tujuan tersebut, Jepang
mencari simpati rakyat Indonesia dan mengeluarkan propaganda propaganda. Dari
pernyataan singkat tersebut, coba kalian jelaskan propaganda Jepang yang
diteapkan di Indonesia?
Jawab: a. Akan menciptakan
kemakmuran Asia Timur Raya
b. Mengaku sebagai saudara tua
bangsa Indonesia
c. Propaganda yang dilakukan
oleh organisasi 3 A yang dipimpin oleh Mr Syamsyudin. 3A sendiri terdiri dari
Jepang cahaya Asia, Jepang pelindung Asia dan Jepang pemimpin Asia.
d. Mengatakan bahwa Romusha
sebagai pahlawan bekerja, agar rakyat Indonesia semakin giat dalam bekerja.
e. Mendirikan Putera dan Jawa
Hokokai
f. Rakyat Jawa telah meyakini
ramalan Jayabaya yang menggambarkan bahwa akan datang jaman yang lebih baik
untuk menggantikan jaman yang buruk. Jaman baik ini ditandai oleh munculnya
pemerintahan Ratu Adil, tetapi sebelumnya akan terdapat masa peralihan yang
didominasi oleh orang kerdil yang berlangsung selama hidup tanaman jagung.
Kemudian banyak orang mengidentifikasikan orang kerdil itu sebagai orang Jepang
(Nugroho Notosusanto, 1979: 13)
g. Adanya slogan yaitu
mengarahkan rakyat Indonesia menuju ke arah kemakmuran bersama Asia Timur Raya.
Slogan itu dimaksudkan untuk memobilisasi commitment penduduk untuk mendukung
Jepang dalam perang melawan sekutu. Jepang telah menciptakan slogan-slogan yang
berpengaruh kuat bagi bangsa-bangsa di Asia yang ketika itu masih dalam
belenggu penjajahan bangsa Barat. Slogan yang sangat terkenal “Asia untuk
bangsa Asia” merupakan spirit propaganda Jepang yang terkuat.Bangsa mana pun
akan sangat sulit untuk menciptakan slogan dengan kekuatan yang sebanding
dengan slogan “Asia untuk bangsa Asia”. Demikian juga “Kemakmuran Bersama Asia
Timur Raya” menjadi jiwa propaganda Jepang yang menjanjikan masa depan yang
lebih baik. Slogan yang lebih menarik lagi yaitu Hakko Itjiu yang diartikan
sebagai “satu untuk semua dan semua untuk satu”(Graaf,1960:194), meskipun di
balik itu sesungguhnya Jepang ingin menyatukan seluruh dunia di bawah satu atap
kekuasaannya
h. Pemerintah Jepang harus menumbuhkan
image rakyat, bahwa bangsa Amerika Serikat, Inggris, Belanda dan bangsa Barat lainnya
datang ke Asia hanya untuk menindas dan mengeksploitasi rakyat di wilayah itu
guna memperoleh keuntungan bagi mereka sendiri.
3. Coba kalian identifikasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Jepang dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, militer dan pendidikan?
Jawab:
Bidang |
Kebijakan |
Sosial |
✓ Masyarakat dijadikan romusha ✓ Pelaksanaan Kinrohosi ✓ Pelaksanaan Jugun Ianfu |
Ekonomi |
✓ Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan perang ✓ Jepang menerapkan sistem pengawasan ekonomi
secara ketat ✓ Pembatasan produktivitas tanaman ✓ Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki |
Budaya |
✓ Menerapkan kebudayaan memberi hormat ke arah
matahari terbit kepada rakyat Indonesi ✓ Pemerintahan Jepang mendirikan pusat kebudayaan
yang diberi nama Keimin Bunkei Shidoso |
Militer |
Jepang
membentuk organisasi organisasi militer dan semi militer diantaranya heiho,
peta, suishintai, seinendan, keibodan, fujinkai, hizbullah, seinentai, dan gakutotai |
Pendidikan |
✓ Menyanyikan lagu kebangsaan Jepang, Kimigayo setiap
pagi ✓ Mengibarkan bendera Jepang, Hinomura dan menghormat
Kaisar Jepang, Tenno Heika setiap pagi ✓ setiap pagi mereka juga harus melakukan Dai Toa,
bersumpah setia kepada cita-cita Asia Raya ✓ Setiap pagi mereka juga diwajibkan melakukan Taiso,
senam Jepang ✓ Melakukan latihan-latihan fisik dan militer ✓ Menjadikan bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam
pendidikan. Bahasa Jepang menjadi bahasa yang juga wajib diajarkan |
4.
Setelah kalian mempelajari kebijakan pendudukan Jepang dalam berbagai bidang,
Coba kalian analisis apakan kebijakan kebijakan yang sudah dikeluarkan berdampak
terhadap kehidupan bangsa Indonesia, jika ada jelaskan dampak potisif dan
negatifnya?
Jawab:
Dampak positif
• Memperbolehkan menggunakan
bahasa indonesia
• Mengetahui sistem baru dalam
pertanian
• Munculkan sikap persatuan dan
kesatuan bangsa
• Membentuk strata dalam masyarakat
yang dimulai dari RT atau tonarigami.
• Kerja bakti massal atau
kinrohosi.
Dampak Negatif
• Organisasi politik dilarang
• Eksplorasi kegiatan ekonomi
yag digunakan untuk perang
• Perbudakan wanita (Yugun
Ianfu)
• Pelanggaran HAM
• Kegiatan kerja paksa
(Romusha)
5.
Jika dibandingkan dengan penjajahan Belanda, pendudukan Jepang di Indonesia secara
periode jauh lebih singkat yaitu hanya 3,5 tahun. Akan tetapi waktu yang singkat
tersebut yang mempengaruhi kehidupan bangsa Indonesia sampai dengan sekaran.
Berdasarkan pernyataan tersebut, coba kalian jelaskan kebijakan pendudukan
Jepang di Indonesia yang masih bisa dirasakan sampai dengan sekarang?
Jawab:
❖
Dalam bidang ekonomi yaitu menabung di bank
❖
Dalam bidang politik-militer adanya tentara PETA yang anggotanya menjadi embrio
TNI
❖
Dalam bidang sosial munculnya kelas sosial yang menyebabkan adanya ketimpangan
sosial
❖
Adanya Tonarigumi/Rukun Tetangga
❖
Dalam bidang pendidikan adanya pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah
atas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar