Sabtu, 26 Juni 2021

CONTOH SOAL UAS SEJARAH PEMINATAN KELAS XI PART 1

 

1. Praktek kolonialisme dan Imperialisme yang dilakukan oleh Belanda Indonesia dalam bidang ekonomi memunculkan berbagai respon perlawanan dari Bangsa Indonesia dalam bentuk penyelundupan, sabotase, penyerangan dari para penguasa di nusantarra terhadap Belanda (Khususnya VOC), secara mendasar, bentuk kolonialisasi dan imperialisme yang paling ditentang para penguasa di Indonesia di bidang ekonomi adalah ...

A. Praktek tanam paksa

B. Kerja rodi

C. Monopoli perdagangan

D. Pembangunan jalan raya pos

E. Politik adu domba

 

2. Rempah-rempah merupakan salah satu faktor pendorong bangsa barat menemukan dunia Timur. Fungsi dari rempah-rempah bagi bangsa barat adalah ...

A. Bahan pelengkap pembuatan minuman beralkohol

B. Menghilangkan racun pada makanan

C. Bahan baku industry makanan

D. Mengobati berbagai penyakit

E. Membantu menghangatkan badan


3. Latar belakang para pedagang Eropa, mencari kepulauan Indonesia sekitar abad ke 15 dan 16 adalah ...

A. Minyak bumi dan tembakau

B. Pala, cengkeh dan bunga pala

C. Batu permata dan cengkeh

D. Mutiara dan keramik

E. Kain tenun dan minyak kelapa

 

4. VOC merupakan organisasi dagang milik Belanda yang dibentuk pada 20 Maret 1602. Meskipun berstatus kongsi dagang , dalam perkembangan VOC dapat menjalankan pemerintahan layaknya sebuah negara karena ...

A. VOC memiliki wewenang khusus berupa hak oktroi

B. VOC mampu memperluas wilayah kekuasaan

C. VOC memiliki wewenang khusus berupa hak oktroi

D. Pemerintah Belanda memberikan kebebasan bagi VOC

E. Keanggotaan VOC tidak hanya mencakup orang Belanda

 

5. Respon Bangsa Indonesia terhadap dominasi dan monopoli VOC di kepulauan maluku lantas menimbulkan berbagai perlawanan, salah satunya adalah yang terjadi di Maluku pada abad ke-17 dibawah pimpinan Kapiten Hitoe “Kakiali”, salah satu respon yang dilakukan oleh Kakiali antara lain adalah …

A. Membakar benteng Belanda di Ambon

B. Menjalin aliansi dengan Ternate dan Gowa dalam rangka melawan monopoli Belanda

C. Memotong jalur perbekalan VOC dari Batavia melalui jalur laut Makassar

D. Menggelorakan perang sabil terhadap kedudukan VOC di Ambon

E. Memungut upeti dari kekuasaan-kekuasaan yang setia kepada VOC di kepulauan Maluku

 

6. Respon bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan Imperialisme Belanda di tanah air dalam bidang politik antara lain adalah dengan mendirkan berbagai organisasi pergerakan nasional yang merupakan ciri dari perlawanan setelah abad XX, salah satu organisasi massa terbesar yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan kaum Bumiputera dan memiliki latar belakang ekonomi Ketika didirikan adalah …

A. Budi Utomo

B. Sarekat Islam

C. Indische Partiij

D. Indonesische Vereeniging

E. Partai Nasional Indonesia

 

7. Corak pergerakan nasional yang menolak kerja sama dengan pemerintah kolonial biasa disebut kelompok ...

A. non-kooperatif

B. kooperatif

C. Liberal

D. sosialis

E. Politik Etis

 

8. Salah satu pendiri Indische Partij merupakan seorang Indo-Belanda yang bernama Ernest Douwes Dekker (lantas dikenal dengan nama Setiabudi) pada perjuangannya dia menarik dukungan dari para kaum Indo di tanah air agar setia dan memiliki identitas kebangsaan yang sama dengan kaum Bumiputera, hal tersebut menggambarkan bahwa sebenarnya …

A. Kaum Indo-Belanda di Indonesia merupakan kaum yang sangat bergantung pada Bumiputera

B. Indo-Belanda memiliki ketakutan terhadap kekuatan kaum Bumiputera

C. Kolonialisme Belanda bersifat sangat diskriminatif sehingga kaum Indo-Belanda saja memprotes

D. Pendidikan dari kaum Indo Belanda lebih rendah dari kaum Bumiputera

E. Pemerintah Hindia-Belanda selalu menganggap kaum Indo-Belanda sebagai golongan masyarakat kelas atas

 

9. Salah satu perbedaan cara berjuang dalam pergerakan nasional terjadi pada organisasi Partai Nasional Indonesia setelah pemimpinnya tertangkap, Mr.Sartono mendirikan Partindo dan Moh.Hatta & Sjahrir mendirikan PNI-Baru, secara mendasar perbedaan kedua organisasi pecahan PNI itu terletak pada ...

A. Pendekatan agitasi massa oleh Partindo dan Pendidikan politik oleh PNI-Baru

B. Pemimpin yang memiliki visi berbeda dalam memandang dasar negara Indonesia

C. Latar belakang perjuangan yang berhaluan sosialisme dan yang satu berhaluan komunisme

D. Langkah perjungan, Partindo menggalang sumbangan dari penduduk, PNI-Baru lebih kepada membentuk koperasi mandiri

E. Partindo menggunakan pendekatan kooperatif sedangkan PNI-Baru nonkooperatif

 

10. Indische Partij adalah organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu E.F.E Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Organisasi ini berdiri pada tahun 1912 dan organisasi ini bersifat politik. Indische Partij menunjukkan garis politik secara jelas dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan karena ...

A. Indische Partij dalam perjuangannya bersikap moderat

B. Indische Partij memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

C. berjuang untuk memperbesar pengaruh pro Hindia Belanda

D. organisasi ini diketuai tokoh yang berpendidikan Belanda

E. Indische Partij menuntut persamaan hak dalam berbangsa

 

11. Pergerakan nasional Indonesia dipelopori oleh golongan ...

A. militer

B. bangsawan

C. pemuda

D. pelajar

E. priyayi

 

12. Kelahiran Budi Utomo yang di bidani oleh dr.Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908,tanggal tersebut kemudian hingga hari ini diperingati sebagai hari …

A. Kejayaan Nasional

B. Kemenangan Nasional

C. Hari Pahlawan

D. Kemerdekaan Nasional

E. Kebangkitan Nasional

 

13. Respon Bangsa Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme Belanda di Indonesia muncul dalam bidang Pendidikan, salah satunya adalah berdirinya Lembaga pendidikan …

A. Horgere Burger School

B. School Tot Opleiding Van Inlansche Artsen

C. Opleiding School Vor Inlandsche Ambtenaar

D. Indonesische-Netherland School Kayutanam

E. Kweekschool

 

14. Perjalanan karya sastra di Indonesia cukup berkembang pada masa awal abad ke-20, tokoh seperti Mohammad Yamin, Marah Ruslie, Sanusi Pane, Mas Marco banyak menulis berbagai karya sastra yang kemudian mengilhami nilai-nilai kehidupan modern dan salah satunya adalah nilai kebangsaan, selain nilai kebangsaan Indonesia, karya sastra tersebut juga membantu bagi …

A. Bergeraknya roda ekonomi dari para pengusaha percetakan

B. Para pemimpin nasional sebagai bahan pidato

C. Pemerintah Belanda untuk mengidentifikasi siapa saja tokoh kebangsaaan Indonesia yang bersifat tidak kooperatif

D. Kaum terpelajar untuk menambah rujukan dalam berjuang

E. Meluasnya penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan bangsa Indonesia

 

15. Tokoh pencipta lagu Indonesia raya adalah seorang kebangsaan Indonesia yang bernama Wage Rudolf Supratman, selain komponis pencipta lagu Indonesia Raya, terdapat pula komponis dari Betawi yang sering menulis lagu bertema perjuangan dan romansa masa penjajahan Belanda, tokoh tersebut bernama …

A. Ismail Marzuki

B. Moh.Yamin

C. Sanusi Pane

D. Sutan Sjahrir

E. Raden Saleh


16. Soekarno menginginkan suatu karakter politik nasionalisme Indonesia (nation character building) yang di dalamnya berisi tentang ...

A. Anti imperialisme, anti demonstrasi, pro-perdamaian

B. Anti kolonialisme, anti perdamaian, pro-permusuhan

C. Anti impreliasme, anti kolonialisme, pro-perdamaian

D. Imperialisme, kolonialisme, kontra-perdamaian

E. Imperialisme, Kolonialisme, pro-permusuhan

 

17. Pada awal perkembangan nasionalisme di Indonesia ditandai dengan adanya …

A. Gerakan perbaikan meliputi perbaikan sosial, pendidikan maupun budaya

B. Gerakan reaktif terhadap kebijakan pemerintah kolonial

C. Gerakan provoaktif untuk menentang kolonial

D. Aksi perlawanan rakyat

E. Peningkaatan jumlah kaum cendekiawan

 

18. Perhatikan pernyataan dibawah ini!

1) Periode awal perkembangan

2) Periode bertahan

3) periode nasionalisme politik

4) Periode radikal

Berdasarkan pernyataan diatas urutan yang tepat mengenai tahapan munculnya rasa nasionalisme pada masa penjajahan yang diwarnai dengan organisasi pergerakan adalah ...

A. 1,2,3, dan 4

B. 1,2,4 dan 3

C. 1,3,2,dan 4

D. 1,3,4 dan 2

E. 2,1,4 dan 3

 

19. Tujuan nasionalisme Soekarno pada masa Orde Lama adalah ...

A. Membangkitkan rasa percaya diri bangsa Indonesia

B. Meningkatkan pembangunan Indonesia di berbagai bidang

C. Meningkatkan persatuan dan pembangunan di daerah

D. Meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia

E. Mengajak rakyat meningkat rasa cinta tanah air

 

20. Dampak negatif dari era reformasi yang berlangsung di Indonesia khususnya pada tahun 1998-2004 adalah ...

A. Rakyat terjebak pada euphoria kebebasan

B. Penegakkan demokrasi

C. Pemerintah yang transparan

D. HAM

E. Kasus korupsi melibatkan pejabat publik

 

21. Permasalahan paling kompleks yang dialami oleh negara Indonesia yang mengakibatkan tergerusnya nasionalisme adalah ...

A. Lemahnya aparatur penegak hukum

B. Permasalahan disintegrasi kedaerahan

C. Perkembangan globalisasi yang kian pesat

D. Perselisihan ideologi, politik, dan moral

E. Rendahnya kepercayaan terhadap kinerja pemerintah

 

22. Hadirnya kehidupan masyarakat dipelopori oleh sejarah pergerakan nasional Indonesia yang dilakukan oleh ...

A. Para kiai

B. Kaum terpelajar

C. Masyarakat pribumi

D. Pedagang

E. Kaum ulama dan tumenggung

 

23. Fenomena generasi muda yang mengalami kepudaran terhadap jiwa nasionalisme disebabkan karena ...

A. Orientasi nasionalisme adalah sikap dan perbuatan

B. Labeling nasionalisme menjadi stigma bagi generasi muda

C. Ukuran nasionalisme dipahami hanya sebatas perjuangan secara fisik

D. Kurangnya daya juang terhadap tantangan perubahan zaman

E. Kurangnya sosok heroisme bagi kaum muda

 

24. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Perundingan Linggarjati

2) Perjanjian Renville

3) Perjanjian Bongaya

4) Perjanjian Sunda Kelapa

5) Konferensi Meja Bundar (KMB)

Berikut ini yang termasuk dalam perjuangan Diplomasi adalah …

A. 1,2 dan 3

B. 1,2 dan 5

C. 2 dan 3

D. 3 dan 5

E. 3 dan 4


25. Permasalahan paling kompleks yang dialami oleh negara Indonesia yang mengakibatkan tergerusnya nasionalisme adalah ...

A. Lemahnya aparatur penegak hokum

B. Permasalahan disintegrasi kedaerahan

C. Perkembangan globalisasi yang kian pesat

D. Perselisihan ideologi, politik, dan moral

E. Rendahnya kepercayaan terhadap kinerja pemerintah

 

26. Nasionalisme yang lahir di Indonesia bukanlah nasionalisme Barat, melainkan nasionalisme of humanity yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno yang berarti bahwa ...

A. Kemanusiaan adalah satu

B. Kemanusiaan merupakan perbedaan yang harus dipertahankan

C. Karakter bangsa lahir dari kemanusiaan

D. Jiwa dan jati diri bangsa dipersatukan

E. Kemanusiaan adalah sebuah karakter

 

27. Nasionalisme era Orde Baru lebih mengarah pada state-oriented, yakni …

A. Kebebasan menyatakan pendapat

B. Negara memberikan kebebasan dalam segala hal

C. Negara sebagai pusat dalam segala hal

D. Negara sebagai pemegang kontrol utama

E. Negara memberi otonomi daerah

 

28. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme adalah …

A. Mencintai produk dalam negeri dan memiliki rasa percayasebagai bangsa Indonesia

B. Membangun komunitas pemuda

C. Ikut serta dalam pasar internasional

D. Ikut serta dalam pembangunan ekonomi

E. Memperkenalkan budaya Indonesia dalam berbagai media

 

29. Salah satu tanggapan negatif terhadap Petisi Sutardjo datang dari kelompok van Helsdingen- Notosoeroto. Kelompok ini menolak Petisi Sutardjo karena ...

A. menuduh Sutardjo Kartohadikusumo menjalankan oportunistische politiek

B. menganggap petisi tersebut dapat melemahkan cita-cita lIndonesia merdeka

C. mengikuti saran dari Staten Jenderal yang menolak keinginan tokoh nasionalis

D. mendukung setiap kebijakan yang ditetapkan Staten Jenderal dan Ratu Belanda

E. rakyat Indonesia belum mampu menyelenggarakan pemerintahan sendiri

 

30. Dalam proses perumusan UUD 1945, para pendiri negara menyadari pentingnya menjunjung tinggi hak asasi manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan dasar negara Indonesia yaitu sila pertama dan kedua Pancasila memiliki makna ...

A. hak asasi manusia menjadi dasar dalam UUD 1945

B. Sebuah kebebasan beragama menjadi salah satu permasalahan di negara Indonesia

C. menjamin kebebasan setiap warga negaranya untuk menentukan agama

D. UUD 1945 memuat peraturan tentang kebebasan beragama bagi warga

E. negara yang menentukan salah satu agama sebagai agama wajib bagi setiap warga Negara

 

Baca juga: contoh soal uas sejarah peminatan kelas 11 part 2 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL UTBK GEOGRAFI TERBARU

  Materi Pengetahuan Dasar Geografi 1. Pemindahan ibu kota negara di Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kabupaten Kartanegara akan menyebab...